Translate

Kamis, 29 November 2012

KONSEP-KONSEP DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN


1.      Pembebanan Biaya: Penelusuran Langsung (Direct Tracing), Penelusuran Penggerak (Driver Tracing), dan Alokasi (Allocation)
A.    Biaya
Biaya adalah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat saat ini atau di masa depan bagi organisasi. Selain itu ada yang dikenal sebagai biaya peluang, yaitu manfaat yang dikorbankan ketika satu alternatif dipilih dari alternatif lainnya.
Biaya dikeluarkan untuk mendapatkan manfaat di masa depan. Pada perusahaan yang berorientasi laba, manfaat masa depan biasanya berarti pendapatan.
B.     Objek Biaya
Objek biaya dapat berupa apapun, seperti produk, pelanggan, departemen, proyek, aktivitas, dan lain-lain yang digunakan untuk mengukur dan membebankan biaya. Beberapa tahun terakhir, aktivitas muncul sebagai objek biaya yang terpenting. Aktivitas adalah unit dasar dari kerja yang dilakukan dalam sebuah organisasi dan dapat juga dideskripsikan sebagai kumpulan tindakan dalam suatu organisasi yang berguna bagi para manajer untuk melakukan perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.
C.     Keakuratan Pembebanan
Keakuratan adalah suatu konsep yang relatif dan harus dilakukan secara wajar dan logis terhadap penggunaan metode pembebanan biaya. Tujuannya adalah mengukur dan membebankan biaya dari sumber daya yang dikonsumsi objek biaya sebaik mungkin.
·         Ketertelusuran (traceability), hubungan antara biaya dan objek biaya harus digali untuk membantu meningkatkan keakuratan pembebanan biaya. Biaya dapat berkaitan dengan objek biaya secara langsung atau tidak langsung. Biaya tidak langsung adalah biaya yang tidak dapat ditelusuri dengan mudah dan akurat sebagai objek biaya. Biaya langsung adalah biaya yang dapat ditelusuri dengan mudah dan akurat sebagai objek biaya.
·         Metode penelusuran, ketertelusuran bararti biaya dapat dibebankan dengan mudah dan akurat, sedangkan penelusuran (tracing) berarti pembebanan aktual biaya pada objek biaya dengan mengunankan ukuran yang dapat diamati atas sumber daya yang dikonsumsi oleh objek biaya.penelusuran biaya ada dua, (1) penelusuran langsung adalah suatu proses pengidentifikasian dan pembebanan biaya yan berkaitan secara khusus dan fisik dengan suatu objek.(2)penelusuran penggerak adalah penggunann penggerak untuk membebankan biaya pada objek biaya.
·         Membebankan biaya tidak langsung, biaya tidak langsung adalah biaya-biaya yang tidak dapat dibebankan pada obejek biaya,baik dengan menggunakan penelusuran langsung maupun penggerak. Pembebanan biaya tidak langsung pada objek biaya disebut alokasi.
2.      Harga Pokok Produk dan Jasa
Keluaran organisasi merupakan salah satu objek biaya terpenting. Ada dua jenis keluaran, yaitu produk berwujud dan jasa. Produk berwujud adalah barang yang dihasilkan dengan mengubah bahan baku melalui penggunaan tenaga kerja dan masukan modal. Jasa adalah tugas atau aktivitas yang dilakukan untuk pelanggan atau aktivitas yang dijalankan oleh pelanggan dengan menggunakan produk atau fasilitas organisasi. Jasa juga diproduksi dengan menggunakan bahan, tenaga kerja, dan masukan modal.
Jasa berbeda dengan produk berwujud dalam empat dimensi penting:
a.       Tidak berwujud: pembeli jasa tidak dapat melihat, merasakan, mendengar, atau mencicipi suatu jasa sebelum jasa tersebut dibeli.
b.      Tidak tahan lama: jasa tidak dapat disimpan untuk kegunaan masa depan oleh pelanggan, tetapi harus dikonsumsi saat diadakan.
c.       Tidak dapat dipisahkan: produsen dan pembeli jasa biasanya harus melakukan kontak langsung saat terjadi pertukaran. Akibatnya, jasa kerap tidak dapat dipisahkan dari produsennya.
d.      Tidak selalu sama: terdapat peluang variasi yang lebih besar pada penyelenggaraan jasa daripada produksi produk.
Organisasi yang membuat produk berwujud disebut organisasi manufaktur. Organisasi yang memproduksi produk tidak berwujud disebut organisasi jasa. Biaya setiap produk berlaku untuk produk berwujud dan tidak berwujud. Jadi, ketika membahas masalah harga pokok produk, kita mengacu pada produk berwujud dan tidak berwujud.
A.    Biaya yang berbeda untuk tujuan yang berbeda
Harga pokok produk adalah pembebanan biaya yang mendukung tujuan manajerial yang spesifik. Rantai nilai internal perusahaan adalah seperangkat aktivitas yang dibutuhkan untuk mendesain, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, mendistribusikan, dan melayani produk.
B.     Harga pokok produk dan pelaporan keuangan eksternal
Salah satu tujuan utama sistem manajemen biaya adalah perhitungan harga pokok produk untuk pelaporan keuangan eksternal. Biaya dikelompokkan dalam dua kategori fungsional utama: produksi dan nonproduksi. Biaya produksi adalah biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa. Biaya nonproduksi adalah biaya yang berkaitan dengan fungsi desain, pengembangan, pemasaran, distribusi, layanan pelanggan, dan administrasi umum.
Untuk barang berwujud, biaya produksi dan nonproduksi sering disebut sebagai biaya manufaktur dan nonmanufaktur. Biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai:
a.       Bahan langsung: bahan yang dapat ditelusuri secara langsung pada barang atau jasa yang sedang diproduksi.
b.      Tenaga kerja langsung: tenaga kerja yang dapat ditelusuri secara langsung pada barang atau jasa yang sedang diproduksi. Pengamatan secara fisik dapat digunakan dalam mengukur kuantitas karyawan yang terlibat dalam memproduksi suatu produk dan jasa.
c.       Overhead: semua biaya produksi (selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung) dikelompokkan dalam satu kategori yang disebut overhead.

                                 I.          Biaya utama dan konversi
Kombinasi dari berbagai biaya produksi mengarah pada konsep biaya konversi dan biaya utama. Biaya utama adalah jumlah dari biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya konversi adalah jumlah dari biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead.
                              II.          Biaya penjualan dan administrasi
Biaya nonproduksi terdiri atas dua kategori umum: biaya penjualan dan biaya administrasi. Biaya yang diperlukan untuk memasarkan, mendistribusikan dan melayani produk atau jasa merupakan biaya penjualan. Sedangkan seluruh biaya yang berkaitan dengan penelitian, pengembangan, dan administrasi umum pada organisasi yang tidak dapat dibebankan pada pemasaran atau produksi, dikelompokkan sebagai biaya administrasi.

1)             Laporan keuangan eksternal
a.       Laporan laba rugi: Perusahaan manufaktur
·         Harga produk produksi: mencerminkan total biaya barang yang diselesaikan selama periode berjalan.
·         Barang dalam proses: terdiri atas semua unit yang telah diselesaikan sebagian dalam produksi pada titik waktu tertentu.
b.      Laporan laba rugi: Perusahaan jasa
Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan awal atau akhir barang jadi. Berbeda dari perusahaan manufaktur, perusahaan jasa tidak memiliki persedian barang jadi karena tidak mungkin menyimpan jasa.
3.      Jenis-Jenis Sistem Akuntansi Manajemen: Gambaran Umum Singkat
Sistem akuntansi manajemen dapat diklasifikasikan secara umum sebagai sistem berdasarkan fungsi dan sistem berdasarkan aktivitas. Sistem akuntansi manajemen berdasarkan fungsi (FBM) telah dikenal dari tahun 1900-an dan masih digunakan secara luas dalam sektor manufaktur dan jasa sistem akuntansi manajemen berdasarkan akltivitas (ABM) merupakan sistem yang lebih baru. Sistem manajemen biaya berdasarkan aktivitas juga digunakan secara luas dan pemanfaatannya semakin tinggi, khususnya di antara organisasi-organisasi yang memiliki beragam produk dan pelanggan, produk yang lebih rumit, siklus waktu produk yang lebih pendek, peningkatan persyaratan kualitas, dan tekanan persaingan yang ketat.
·         Sistem akuntansi FBM versus ABM
-          Tinjauan biaya FBM
Biaya-biaya sumber daya dibebankan pada unit-unit yang berfungsi, kemudian pada produk. Penelusuran penggerak dalam sistem FBM hanya menggunakan penggerak produksi yang merupakan pengukuran konsumsi yang sangat berkorelasi dengan keluaran produksi. Pendekatan pembebanan biaya ini dianggap sebagai perhitungan biaya berdasarkan produksi atau fungsi (FCB).
-          Tinjauan biaya ABM
Dalam perhitungan biaya berdasarkan aktivitas (ABC), biaya ditelusuri hingga aktivitas, kemudian produk. Pembebanan biaya berdasarkan aktivitas menekankan pada penelusuran alokasi; bahkan, bisa disebut sebagai penelusuran yang intensif. Perhitungan harga pokok produk berdasarkan aktivitas cenderung fleksibel. Definisi perhitungan harga pokok produk yang lebih komprehensif ditekankan untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambialan keputusan yang lebih baik.
-          Tinjauan efisiensi operasional FBM
Pendekatan manajemen berdasarkan fungsi untuk pengendalian membebankan biaya pada unit organisasional, kemudian menuntut tanggung jawab menajer unit organisasional untuk mengendalikan biaya yang dibebankan. Kinerja diukur dengan membandingkan hasil aktual dengan standar atau hasil yang dianggarkan. Penekanannya adalah ukuran keuangan dari kinerja.
-          Tinjauan efisiensi operasional ABM
Secara signifikan, subsistem pengendalian berdasarkan aktivitas berbeda dengan sistem berdasarkan fungsi. Penekanan berdasarkan fungsi adalah pada pengelolaan biaya. Manajemen berdasarkan aktivitas berfokus pada pengelolaan aktivitas dengan tujuan memperbaiki nilai yang diterima pelanggan dan laba yang diterima dengan menyediakan nilai ini. Tinjauan proses berkaitan dengan identifikasi faktor-faktor penyebab biaya suatu aktivitas, pengukuran pekerjaan apa yang telah dilakukan, serta evaluasi kinerja pekerjaan dan hasil yang dicapai.
·         Pilihan dari sistem akuntansi manajemen
Akuntansi manajemen berdasarkan aktivitas menawarkan keuntungan yang signifikan. Bagi banyak perusahaan, manfaat perpindahan sistem FBM menjadi sistem ABM melebihi biayanya. Jadi, penggunaan ABC dan ABM semakin meluas. Perhatian terhadap akuntansi manajemen berdasarkan aktivitas pun menjadi tinggi.

2 komentar:

  1. ijin copas ya mbk

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus